Maroh chemistry

Maroh chemistry
Chemistry Tool

WELCOME TO MY BLOG

MENCOBA MENGAPRESIASIKAN KIMIA MELALUI TULISAN

Senin, 11 April 2011

Bagaimana cara membersihkan Perhiasan Perak
Karena terjadinya proses Oksidasi membuat perhisan perak menjadi buram dan timbulnya
semacam kerak dipermukaan perak tersebut, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya
proses oksidasi , misalnya perhiasan perak di simpan didalam almari dalam waktu yang lama
sehingga udara yang bercampur dengan unsur unsur kimia seperti cat , varnish dan lain
sebagainya yang mempengaruhi udara didalam almari tersebut, atau perak terkena langsung
dengan zat lain pada saat kita gunakan
seperti parfum, belerang pada saat kita
mandi air panas dari sumber alam , atau
mandi dengan sabun sulfur untuk
mengurangi jerawat yang banyak dijual
dipasaran , air laut atau zat-zat yang lainya ,
bahkan keringat kita dapat juga membuat
perhiasan perak menjadi berubah atau
karena proses oksidasi tersebut.
Kadang kita dapati perhiasan perak satu
dengan yang lainya berbeda didalam proses
oksidasinya atau yang sering konsumen
mengeluh misalnya “ kok cincin saya yang
satu ini lebih cepat berubah warnanya dan
kalau dicuci atau dibersihkan tidak kembali
lagi seperti semula dibandingkan dengan
cincin perak saya yang satunya” hal ini
disebabkan kadar prosentase campuran
perak didalam perhiasan tersebut, semakin
besar kandungan peraknya semakin baik
dan membuat perhiasan tersebut tidak mudah berubah warna, namun kelemahanya membuat
perhiasan tersebut menjadi lentur hal ini membuat perhiasan menjadi mudah “penyok” atau
berubah bentuk. Perhiasan perak kami mengandung 92.5% kadar peraknya.
Bagaimana cara membersihkan perak ?
Cara lama dan mudah orang membersihkan perhiasan perak yaitu dengan cara dicuci dengan
sabun cuci piring atau dengan bahasa jawa “klerek” atau dengan pembersih yang mengandung
baking soda, seperti pasta gigi, seperti pada saat saya menulis ini saya ambil perhiasan perak
saya yang sudah lama tidak saya pakai kemudian saya ambil “odol” atau pasta gigi dan saya
gosok dengan odol permukaan peraknya kemudian saya cuci dengan sabun pencuci piring
dengan sikat gigi bekas disikat perlahan-lahan kemudian dibasuh dengan air bersih hasilnya
seperti dalam contoh gambar disamping , di toko
perhiasan yang menerima jasa membersihkan perhiasan
tentu hasilnya lebih baik lagi karena peralatan yang
mereka punya lebih lengkaplagi.
Mereka juga dapat mengembalikan keadaan perhiasan
kita sama seperti pada saat kita membelinya karena
perhiasan tersebut degosok dengan “amplas” yang
sangat halus biasanya amplas no 1000 atau no 2000,
kemudian dicuci dengan air dan diamplas lagi sampai
betul betul halus dan setelahitu digosok dengan autosol
sehingga cincin atau perhiasan tersebut menjadi
mengkilat. (gambar cincin saya disamping tidak
meggunakan perlengkapan tersebut , hanya saya gosok
dengan odol kemudian dicuci dengan sabun cuci piring
kemudian saya keringkan hasilnya cukup lumayan )
anda juga dapat melakukanya sendiri dirumah dengan
membeli perlengkapan yang sama seperti mereka punya dan cara membersihkan dengan
amplas jangan anda lakukan untuk perhiasan “sepuhan” atau lapisan baik itu emas maupun
perak karena akan menghilangkan lapisan tersebut , lebih baik anda hati-hati dengan cara
tersebut untuk membersihkan perhiasan anda karena kalau anda tidak yakin dengan perhiasan
anda lebih baik anda Tanya kepada penjualnya apakah perhiasan tersebut asli atau sepuhankarena begitu anda gosok dengan amplas halus tadi bukanya tambah mengkilap tetapi tambah
buram karena lapisan yang seharusnya melapisi perhiasan tersebut malah hilang .
memang hal ini akan membuat berat perhiasan kita menyusut apalagi perhiasan kita terbuat dari
emas yang tentunya akan merugikan kita karena harga emas yang mahal, namun tidak terlalu
rugi kalau perhiasan kita terbuat dari perak karena harga perak yang tidak semahal emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar